Unggah Ujaran Kebencian, Pria Ini Diamankan Polisi

polresberau.net – Satreskrim Polres Berau mengamankan Planas Aswin (44), warga Sambaliung, lantaran mengunggah ujaran kebencian yang meresahkan masyarakat di laman akun media sosial Facebook miliknya.

Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning mengatakan, pelaku sempat diamankan karena membuat pernyataan terkait ajakan beribadah di masjid dan bahaya Covid-19 yang meresahkan masyarakat di media sosial.

Dalamn postingannya, pria tersebut menuliskan ‘Rasul tidak pernah tinggalkan salat berjamaah, masa umatnya mau main-main dengan salat, dasar edan‘ dan ‘Ini wabah apa sih, enggak ada tetanggaku matian‘.

AKBP Edy mengatakan postingan itu terungkap pada hari Selasa(24/3) sekitar pukul 18.45 wita, saat kepolisian melakukan penelusuran di sejumlah media khususnya media sosial untuk meminimalisir berita hoaks dan meresahkan terkait Covid-19.

Unit Jatanras langsung melakukan penyelidikan terkait postingan tersebut. Tak berapa lama, sekitar pukul 20.00 wita, pelaku yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) ini berhasil diamankan di kediamannya beserta barang bukti.

“Pelaku kami amankan di Polres untuk penyidikan lebih lanjut. Kami juga meanggil saksi dan keluarga pelaku,” ujar AKBP Edy.

Dari penyelidikan, diketahui pelaku suka menyendiri serta kurang bergaul dengan sekitarnya

“Pelaku sudah meminta maaf atas postingan di Facebook. Serta berusaha melaksanakan surat edaran bupati dan Fatwa MUI, selama penanggulangan COVID-19 untuk melaksanakan ibadah di rumah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *