Ops Patuh Mahakam 2020, Himbau Masyarakat Taati Aturan Berkendara

polresberau.net – Tingkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalulintas, Satuan Lalu Lintas Polres Berau sedang melaksanakan kegiatan Operasi Patuh 2020, yang dimulai sejak Kamis, tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Selain fokus terhadap keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamsebtibcarlantas) dan pihaknya juga melakukan himbauan protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru kepada setiap pengendara.

“Untuk target Operasi Patuh, ada tiga sasaran utama, yakni penggunaan helm standar, melawan arus dan penggunaan safety belt,” kata Kasat Lantas Polres Berau AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra, Senin, 27 Juli 2020.

Tiga sasaran utama itu dilakukan lantaran masih banyaknya masyarakat yang lalai dalam keselamatan berkendara, yang tentu saja turut membahayakan pengguna jalan lainnya.

Kepolisian juga memasang rambu-rambu peringatan di setiap tikungan di jalanan Berau.

“Kita pasang rambu-rambu agar berhati-hati melalui setiap tikungan, terutama tikungan tajam, karena rawan terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Pihaknya fokus terhadap pengawasan penerapan protokol kesehatan. Kasat Lantas Berau menegaskan, pihaknya tetap akan melakukan penindakan berupa tilang apabila ditemukan beberapa jenis pelanggaran tertentu.

“Untuk operasi patuh sanksi yang kita berikan untuk pelanggaran berkendara yang kasat mata tentu berupa himbauan hingga penilangan contohnya seperti tidak memakai helm, pengendara di bawah umur dan melawan arus. Itu semua sangat berpotensi menyebabkan terjadi laka lantas,” tutupnya.

Dengan demikian, masyarakat tetap dihimbau untuk selalu memperhatikan kelengkapan surat dan keamanan berkendara dan selalu menerapkan protokol kesehatan karena petugas Sat Lantas akan terus melakukan monitoring bagi pengemudi yang disinyalir melakukan pelanggaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *